Sabtu, 22 September 2012

Tips Dalam Konflik dan Hubungan



Semua hubungan melibatkan beberapa konflik. bahkan Kadang-kadang melibatkan argumen terbuka dan perkelahian. Kadang-kadang ada juga suasana ketidak puasan tak terucap dan ketegangan. Intinya adalah, tidak ada dua orang yang persis sama, sehingga perbedaan pendapat yang tak terelakkan. Perbedaan dan perselisihan dapat memperkaya hidup kita. Belajar untuk menangani konflik tidak hanya berguna, tetapi dapat mengajarkan kita banyak tentang mitra dan diri kita sendiri. Berikut adalah tips dalam konflik dan hubungan.

Langkah pertama dalam menyelesaikan pertengkaran adalah untuk mengidentifikasi masalah dari perspektif kedua pasangan. Kecuali Anda setuju pada apa masalahnya, Anda tidak akan tahu apa yang Anda akan coba untuk menyelesaikan. Hal ini juga bijaksana untuk menyelesaikan masalah, jangan menimbulkan masalah dengan sisi lain.

Langkah kedua adalah Anda dan pasangan harus mendengarkan satu sama lain, pandangan untuk menghargai perasaan masing-masing.

Langkah ketiga adalah untuk mengetahui apakah masalahnya adalah salah satu dari nilai-nilai yang berbeda, keyakinan dan sikap, atau masalah praktis. Jika nilai-nilai yang berbeda dan keyakinan merupakan akar dari masalah, kedua pasangan perlu menjadi sangat toleran dan sabar. Anda harus menerima dan menghormati perbedaan antara masing-masing memiliki hak untuk memiliki pandangan mereka sendiri. Hal ini juga bahwa dapat pada akhirnya Anda akan setuju untuk tidak setuju. Bila masalahnya adalah satu hal, akan menjadi jauh lebih mudah, kedua pasangan harus mencari jalan keluar untuk masalah ini. Setelah Anda telah menetap pada solusinya, kedua pasangan perlu berkomitmen untuk mencobanya.

Berikut adalah beberapa tips bermanfaat dalam memecahkan masalah:
- Menghindari membingungkan masalah sekarang dengan memunculkan keluhan masa lalu
- Jangan menghina atau mempermalukan pasangan Anda
- Hindari menunda taktik
- Hindari memanipulasi pasangan Anda

Berhasil menyelesaikan konflik biasanya memberikan kedua pasangan rasa kepuasan dan membawa mereka lebih dekat bersama-sama. Mudah-mudahan setelah anda membaca tips dalam konflik dan hubungan dapat membantu anda.

0 komentar:

Posting Komentar